SEMUA INFORMASI SAYA UPDATE UNTUK KALIAN YANG MEMBUTUHKAN DISINI

Subscribe Us

Sign up for our newsletter to receive periodic articles, updates, freebies and premium items; every month

Popular Posts

Archive

Search

Loading...

Bağlantılar

2/22/2013

rektor unsoed menjadi tersangka korupsi CSR


SEMARANG– Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Edy Yuwono akhirnya menjadi tersangka atas kasus dugaan korupsi Badan Layanan Umum (BLU) perguruan tinggi setempat.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Eko Suwarni mengatakan,penetapan tersangka berdasarkan hasil ekspos pihaknya dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto kemarin.

”Dugaan korupsi dana corporate social responsibility (CSR) PT Aneka Tambang oleh Tim Pengelola Unsoed memunculkan tiga tersangka, ketiganya berinisial EY, WH dan SMJ,” ungkapnya kemarin petang. Saat SINDO bertanya apakah EY adalah Edy Yuwono, yang menjabat Rektor Unsoed, Eko Suwarni tidak membantahnya. Penetapan tersangka ini merupakan petunjuk dari Kajati Jawa Tengah,Arnold BM Angkouw setelah memiliki bukti-bukti kuat kepada Kejari Purwokerto.

”Tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain,”tambahnya. Sementara itu, dari informasi yang didapat,WH diduga Winarto Hadi selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerbitan Unsoed. Sementara SMJ adalah Suatmadji selaku Asisstant Senior Manager Post Minning PT Aneka Tambang (Antam). Kasus ini fokus pada dana Badan Layanan Umum (BLU) Unsoed Purwokerto sebesar Rp6,2 miliar dan diduga terjadi penyimpangan sekitar Rp1miliar.

Penyimpangan ini diduga atas pelaksanaan Surat Keputusan (SK) Rektor Unsoed. Unsoed adalah rekanan PT Antam untuk menggarap proyek pertanian terpadu di Kabupaten Purworejo. Bentuknya adalah pengelolaan terpadu, yakni pengelolaan lahan bekas tambang pasir besi bekas PT Antam untuk dijadikan lahan hijau pertanian dan peternakan. Sedikitnya ada empat poin yang didalami oleh Kejari Purwokerto, yakni remunerasi, pengangkatan jabatan yang tidak sesuai, kerja sama pertanian, dan kerja sama dengan PT Aneka Tambang.Point lain adalah adanya pos penerimaan jasa layanan pendidikan dan pos pendap a t a n h i b a h terikat.

Selain itu, ada pula beberapa penyimpangan lain.Di antaranya aliran dana hibah ratusan juta dari PT Antam ke pihak Unsoed Purwokerto yang berlangsung sejak 2011. Tim advokasi Unsoed Hibnu Nurgroho mengatakan, dalam kasus ini kejaksaan tidak memahami bahwa kampusnya adalah perguruan tinggi dengan status BLU penuh. Status ini memungkinkan Unsoed untuk menjalankan usaha penyediaan jasa pada pihak ketiga.

”Ini kerja borongan,jadi kalau kerjaan selesai sesuai dengan apa yang diinginkan Antam, maka selesai. Jaksa memandang, kerja borongan juga harus ada spesifikasinya. Kalau ada spesifikasinya,itu dananya dari APBN, ini kan dari pihak pengguna jasa,”ujarnya. Tim akan terus mendampingi pihak-pihak yang diduga terkait dengan kasus ini, termasuk Rektor Edy Yuwono. Hibnu yang pernah menyalonkan diri sebagai hakim agung tetap yakin bahwa tidak ada penyimpangan dalam kasus ini.

Koordinator Monitoring Kinerja Aparat Penegak Hukum Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi,Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah, Eko Haryanto, menyambut baik langkah kejaksaan atas kasus dugaan korupsi itu. ”Kejaksaan tidak perlu menginisial, agar masyarakat tidak menduga-duga oknumnya,” katanya. eka setiawan/ mn latief/ant

sumber http://www.seputar-indonesia.com/news/rektor-unsoed-tersangka-korupsi-csr

0 komentar:

statistik

Flag Counter

Labels

Recent Comments

Popular Posts

Bisnis 100% Tanpa Modal

Search

Flag Counter
Design by araba-cı | MoneyGenerator Blogger Template by Small Anime BD Sub